Hai semua :) Blog ini dibuat untuk mengisi waktu luangku dan menyalurkan hobby menulis aku, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua :v

Reksadana Dengan BIBIT


Sebelumnya kalian tau gak reksadana itu apa?
Bagi yang gak tau aku kasih penjelasan sedikit yaa
Eitss tapi ini hanya sepengetahuan aku aja, kalo ada salahnya mohon maaf wkwk

Jadi, reksadana pada umunya terbagi jadi 3 yaitu reksadana pasar uang, obligasi dan saham
Penjelasan singkatnya nih reksadana Pasar uang resiko minim namun keuntungan minim, obligasi resiko sedang keuntungan sedang, saham resiko besar keuntungan besar
Nah, ada juga reksadana campuran yaitu reksadana yang terdapat 3 bagian tersebut, ini sih yang paling banyak direkomendasiin

Apa bedanya berinvestasi melalui reksadana atau langsung sihh?

Kalo reksadana itu ada manajemen keuangan yang udah senantiasa mengatur uang kita jadi gak perlu bersusah payah lagi
Kalo beli langsung, kita dituntut untuk mengerti banyak karena kalo gak akan rugi. Kalo mau pake manajemen keuangan boleh sihh cari sendiri tapi hehe. Dan kalo beli langsung kita belinya gak bisa 100 ribu doang wkwk bisa jutaan lahh pokoknya, nah kan buat millenial belum punya uang sebanyak itu maka reksadana lah pilihannya

Sebenernya zaman sekarang tu udah mudah banget guys beneran deh, dulu aja mana ada reksadana yaa kalo mau beli saham beli dah tu yang mahal kan susah, kita kan yang masih gak punya gaji kan pengen gitu yaa

Udah paham sampe sini?
Jadi reksadana merupakan investasi kita
Seberapa penting investasi itu? Nah investasi itu pentingnya pake banget, kalo bisa sebelum kita investasi tentuin dulu target kita

Gini loh, kita yang dihidup dizaman sekarang harus melek finansial gak hanya soal nabung uang, tapi berinvestasi itu jauh lebih penting. Siapa bilang milenial dengan uang bulanan pas-pasan gak bisa berinvestasi jawabnnyab bisa banget.
Berpapun itu bisa diinvestasiin

Dimana bisa beli reksadana?
Aduhh banyak banget yang udah nyediain bisa kebanknya langsung ataupun ke marketplace contohnya bareksa (ini sih marketplace reksadana pertama dan terkenal banget sih banyak juga yang rekomendasiin), bibit dan masih banyak lagi bahkan bukalapak pun udah bisa buat beli reksadana.
Nah kalo dibank itu kita dikenakan biaya untuk membayar manajemen keuangannya secara kan kita itu duitnya diatur sama manajemen keuangan

Judulnya investasi dengan bibit, nah sebenarnya ada banyak marketplace, maupun bank yang menyediakan pembelian reksadana tapi disini aku mau berbagi tentang bibit, karena aku sendiri pengguna bibit. Bibit resmi dibuka pada awal tahun 2019 an jujur baru 2 bulan aku pake bibit tapi aku ngerasa di banding marketplace yang lain aku nyamannya di bibit banyak sih gak cuma bibit tapi itu pilihan kalian. Kalian bisa searching di google kelebihan dan kekurangannya yaa

Nah ini aplikasi bibit


Jadi yang aku sukaa dibibit, karena bebas biaya administrasi bisa pake gopay lagi wkwk
Terus ada robot yang nentuin kita cocoknya investasi kemana aja jadi buat kita terutama aku yang belum mengerti banyak tentang berinvestasi bisa minta rekomendasi dari robot bibitnya itu. Tentu sangat memudahkan bukan?

Btw, kalo mau daftar bibit masukin kode referral : dwitapn
Yahh lumayan kan bisa dapet cashback 25.000 dari bibit hehe

Nah guys ayoo berinvestasi ini bukan iklan yaa btw, aku emang suka aja sama aplikasi bibit ini karena menurut aku yang simple ini aplikasi ini gak ribet.

Kalo misalkan kalian dihadapkan dengan pilihan 
Enakan nabung apa investasi yaa?

Jawabannya : keduanya penting
Nabung buat keperluan jangka pendek, atau ada keperluan mendadak yahh kalo bukan dari tabungan dari siapa lagi. Nah kalo investasi itu keperluan jangka panjang.  Nah nih yaa menurut beberapa literatur yang aku baca kalo mau investasi sebelumnya tentukan dulu buat apa nih investasi nya?
Misalnya aku mau berinvesati untuk 10 tahun kedepan, investasi ini buat aku beli rumah di masa depan. Nah dengan begitu kan lebih mudah. Apalagi kalo reksadana kita bisa kaya simulasi gitu kalo kita nabung semisal 100 ribu perbulan dalam 10 tahun kedepan tu bakal dapet berapa

Kenapa gak nabung? Nabung bisa juga buat jangka panjang kan? Iya jawabannya iya, nabung bisa dipake buat jangka panjang tapi lebih direkomendasikan investasi karena apa uang kita itu gak diem ditempat tapi berputar terus karena kan dikelola jadi uang kita gerak bisa naik yaa meskipun ada kemungkinan bisa turun juga, tapi itu gunanya reksadana ada manajer keuangan yang senantiasa membantu sehingga resiko uang turun itu sedikit. Dari pada nabung uang kita diem aja mending investasi uangnya gerak

Belum lagi bibit bisa menerapkan sistem syariah jadi menambah kepercayaan kita sendiri sih mnurut aku J
Nah sebagai generasi millenial kita harus melek finansial yaah, jangan taunya cuma hedon doang sayang tu duit kalo gak digunain dengan baik

Kalo terima uang aku pernah baca diinstgaram gini nih :
Misal hari ini gajian

sedekah ==> nabung ==> investasi 

Sisanya baru keperluan bulanan kita biar enak jadinya kalo nabungnya diakhir bisa2 batal percaya deh.
Aku sendiri sekarang udah mulai investasi pake reksadana dan menurut aku cocok banget sih sama generasi milenial karena kan kalo gak melalui reksadana langusng harus beli langsung mahal bisa berjuta2 dapet darimana duit kalo begitu kan? Yaudah mending kita beli aja dan manfaatkan sebaik-baiknya J

Yukk atuh belajar tentang finansial karena sesungguhnya itu penting untuk kehidupan kita sehari2 demi terjadinya free finansial dimasa mendatang yukk ahh
Belajar tentang finansial sesekali, mungkin emang gak dipelajari disekolah tapi bisa melalui blog, youtube, instagram atau media lainnya tinggal kitanya mau apa gak okeeh pemirsa

Siap yaa

Jangan buta banget masalah finansial

Jamannya investasi sekarang mahh hehehe

Okehh sekian tentang reksadana dengan bibit

Yukk mulai berinvestasi

Yukk melek finansial, kan kita anak milenial masa gak mau coba investasi
HeheJ


Share:

No comments:

Post a Comment